Cara Pemanasan Yang Baik Dalam Ber-Olahraga

Mungkin Anda dari pemanas kecil digunakan untuk melakukan kegiatan atau pemanasan sebelum berolahraga. Pada saat sekolah pertama kita diajarkan untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke pelajaran praktek olahraga di lapangan. Setidaknya kami disuruh joging di sekitar lapangan atau di jalanan di luar sekolah. Bila olahraga pagi bersama dengan gerakan apapun akan pemanasan latihan bagi mereka yang datang tidak terlalu terlambat.

Mungkin ada bertanya-tanya mengapa pemanasan harus dilakukan? apa fungsi dan manfaat dari pemanasan sebelum aktivitas fisik berat seperti olahraga? Dan berbagai pertanyaan lain yang belum terjawab hingga saat ini. Yang pasti sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum latihan. Daripada menyesal kemudian karena tidak memanas diri Anda, kemudian lakukan pemanasan meskipun hanya sebentar.

A. Fungsi / Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga yang melibatkan gerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan demikian olahraga hangat darah yang kaya nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk didorong bekerja lebih keras. Sedangkan kegunaan atau manfaat dari latihan itu sendiri adalah untuk memperkuat otot, tulang, jantung, paru-paru dan sirkulasi darah.

B. Jenis / Bentuk Pemanasan Cepat dan Mudah

Pemanasan atau pemanasan dapat dilakukan tanpa bantuan alat apapun dan tanpa biaya, yaitu dengan joging ringan, aerobik ringan, joging di tempat, dan lain-lain. Cukup untuk berkeringat tubuh kita, panas dan merasa cukup pemanasan sekitar 5 sampai 15 menit dapat diikuti oleh peregangan otot atau tank untuk beberapa menit agar otot anda lebih fleksibel untuk digunakan kemudian.

C. Efek, Dampak, dan Efek Tidak Melakukan Olahraga Pemanasan

Tanpa pemanasan yang memadai sebelum melakukan latihan suatu kegiatan yang dominan menggerakkan otot, sendi dan tulang dapat menyebabkan cedera pada otot dan cedera sendi. Tentu saja, cedera akan sangat mengganggu aktivitas dan mungkin sangat menyakitkan dan perlu perawatan medis lebih lanjut. cedera otot dapat menjadi keseleo, salah urat, keseleo, kram otot, nyeri otot, dan sebagainya.

D. Peregangan / tank yang Baik dan Benar

Setelah pemanasan yang membuat keringat sedikit, kemudian diikuti oleh peregangan otot atau strenching. Baik pemanasan dan peregangan harus dilakukan dalam kapasitas, ringan rendah tidak terlalu berlebihan. Jika kelebihan dilakukan dapat mengakibatkan cedera sendi. Jangan biarkan olahraga belum merasa lelah atau kelelahan berat. Jika dilakukan dengan benar maka tubuh akan siap untuk melakukan kegiatan olahraga. Kemudian bekerja keluar dengan perasaan gembira tanpa paksaan dan melupakan semua masalah yang ada.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: